<strong>Tekan Risiko Stroke, Menkes Ajak Masyarakat Teratur Cek Kesehatan</strong>

Tekan Risiko Stroke, Menkes Ajak Masyarakat Teratur Cek Kesehatan

Stroke merupakan salah satu masalah kesehatan yang juga harus mendapatkan perhatian khusus.  Penyakit ini memiliki tingkat kecacatan nomor satu di Indonesia sekaligus sebagai penyebab kematian tertinggi pada tahun 2014 dimana presentasenya saat ini juga terus meningkat. Hal ini juga diungkapkan oleh Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan RI pada saat menghadiri Puncak Peringatan Hari Stroke Sedunia yang digelar di GBK, Jakarta, Minggu lalu (30/10).

Dalam keterangannya, Menteri Budi meminta kepada masyarakat untuk rutin melakukan pemeriksaan riwayat kesehatan, setidaknya satu tahun sekali. Adapun hal tersebut dilakukan karena mengingat stroke menjadi penyakit dengan tingkat kecacatan nomor satu di Indonesia, dan sekaligus menjadi penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia pada tahun 2014.

Tidak hanya pencegahan terhadap stroke, pemeriksaan kesehatan rutin di fasilitas pelayanan kesehatan dan menerapkan perilaku hidup sehat juga dapat mencegah berbagai faktor risiko penyakit berbahaya lainnya yang terdapat pada tubuh kita.

Untuk itu, masyarakat diharapkan juga dapat disiplin dalam menerapkan perilaku hidup sehat seperti rutin melakukan aktivitas fisik ringan atau berolahraga minimal 30 menit sehari dan lakukan 5 hari dalam seminggu

Sebagai langkah konkrit, kedepannya Kementerian Kesehatan merencanakan akan melakukan skrining kesehatan secara rutin ke seluruh masyarakat Indonesia yang punya faktor risiko seperti tekanan darah tinggi, gula dan kolesterol. Sehingga berbagai macam penyakit tidak menular (PTM) dapat segera dilakukan penanganan. Selain itu, dengan kegiatan tersebut, diharapkan dapat meminimalisir jumlah pasien stroke di indonesia.

sumber: https://promkes.kemkes.go.id/tekan-risiko-stroke-menkes-ajak-masyarakat-teratur-cek-kesehatan

Tinggalkan Balasan