RS Paru Sidawangi Provinsi Jawa Barat Menggelar Vaksin Covid-19 Untuk Umum

RS Paru Sidawangi Provinsi Jawa Barat Menggelar Vaksin Covid-19 Untuk Umum

Kamis, 19 Mei 2022 RS Paru Sidawangi Provinsi Jawa Barat kembali berpartisipasi dalam pelaksanaan Vaksinasi Dosis 1, Dosis 2 dan Booster yang diadakan di Ruang Pertemuan Rumah Sakit Paru Sidawangi, Warga antusias dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut.

manfaat vaksinasi lengkap dan booster COVID-19?

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan vaksinasi booster berbeda dengan istilah vaksinasi tambahan (additional dose) yang mungkin dibutuhkan saat imunitas individu tidak terbentuk dengan cukup setelah vaksinasi primer.

Menurut Wiku, dikutip dari laman covid19.go.id, terdapat setidaknya 3 alasan penting kenapa perlu melakukan vaksin booster.

Pertama, adanya kecenderungan penurunan jumlah antibodi sejak 6 bulan pasca vaksinasi terutama di tengah kemunculan varian Covid-19 baru termasuk varian Omicron.

Merujuk studi meta analisis dan analisis regresi oleh Fekin dkk tahun 2021, diketahui bahwa efektivitas 4 vaksin yang sudah mendapatkan EUL dari WHO mengalami penurunan aktivitas sebesar 8% dalam 6 bulan terakhir pada seluruh kelompok umur.

Dalam kurun waktu yang sama kepada orang dengan usia 50 tahun ke atas, terjadi penurunan efektivitas vaksin sebesar 10% dan 32% untuk mencegah kemunculan gejala.

Kedua, sebagai bentuk usaha adaptasi masyarakat hidup di masa pandemi Covid-19 demi kesehatan jangka panjang. Dan ketiga, memenuhi hak setiap orang Indonesia untuk mengakses vaksin demi perlindungan diri dan komunitas.

Berikut di antaranya empat manfaat dari vaksinasi Covid-19 :

1. Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh
Vaksin yang terdiri dari berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan yang disuntikkan ke dalam manusia, akan merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh seseorang.

2. Mengurangi Risiko Penularan
Tubuh seseorang yang telah disuntikkan vaksin, akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut. Dengan demikian, tubuh akan mengenai virus dan mengurang risiko terpapar.

3. Mengurangi Dampak Berat dari Virus
Dengan kondisi kekebalan tubuh yang telah mengenali virus, maka jika sistem imun seseorang kalah dan kemudian terpapar, maka dampak atau gejala dari virus tersebut akan mengalami pelemahan.

4. Mencapai Herd Immunity
Semakin banyak individu yang melakukan vaksin di sebuah daerah atau negara, maka Herd Immunity akan tercapai, sehingga meminimalisir risiko paparan dan mutasi dari virus Covid-19.

sumber : covid19.go.id

Tinggalkan Balasan