Hari Lupus Sedunia 10 Mei 2022, Serba Serbi Gejalanya dan Pengobatannya

Hari Lupus Sedunia 10 Mei 2022, Serba Serbi Gejalanya dan Pengobatannya

Penyakit lupus atau lupus eritematosus adalah penyakit autoimun kronis yang bisa menyebabkan peradangan di beberapa bagian tubuh, seperti kulit, sendi, ginjal, hingga otak. Lupus dapat dialami oleh siapa saja, tetapi lebih sering dialami oleh wanita.

Tubuh orang yang menderita lupus akan memproduksi antibodi dengan jumlah yang sangat besar. Secara normal, sistem kekebalan manusia menghasilkan protein yang disebut antibodi yang melindungi tubuh dari virus maupun bakteri. Namun pada penderita lupus, antibodi ini malah menyerang tubuh dengan merusak sel-sel sehat sehingga membuat penderitanya kerap mengalami peradangan dan infeksi pada sistem jaringan tubuhnya.

Penyebab dan Gejala Lupus

Penyebab lupus belum diketahui secara pasti. Kombinasi dari faktor genetik dan lingkungan sering dikaitkan dengan terjadinya lupus. Beberapa pemicu munculnya gejala lupus adalah paparan sinar matahari, penyakit infeksi, atau obat-obatan tertentu.

Lupus dapat menyebabkan peradangan di berbagai organ dan bagian tubuh. Hal ini menyebabkan gejala lupus bisa berbeda pada penderitanya. Meski begitu, terdapat sejumlah gejala umum yang bisa terjadi, seperti nyeri dan kaku pada sendi, lelah, ruam kulit, sensitif terhadap sinar matahari, dan penurunan berat badan.

Pengobatan dan Pencegahan Lupus

Lupus tidak dapat disembuhkan. Pengobatan yang ada sebatas untuk meredakan keluhan, mencegah munculnya gejala, dan menghambat perkembangan penyakit. Metode pengobatannya bisa berupa pemberian obat-obatan, penerapan pola hidup sehat, dan pengelolaan stres dengan cara yang positif.

Lupus juga tidak dapat dicegah. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko terkena lupus atau mencegah kambuhnya keluhan dan gejala. Contohnya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, menghindari pemicu lupus, dan melakukan kontrol kesehatan ke dokter secara berkala.

Sumber : Alodokter.com

Tinggalkan Balasan