Kenali Tanda Anda Terkena Penyakit Paru-paru

Kenali Tanda Anda Terkena Penyakit Paru-paru

Seseorang dengan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) ringan dapat tanpa keluhan atau gejala. Hal ini berbahaya karena apabila faktor risikonya tidak dihindari maka penyakit ini akan semakin progresif. PPOK dapat menimbulkan gejala sebagai berikut:

  1. Sesak Nafas, Ciri-ciri penyakit paru-paru yang sering dirasakan penderitanya adalah sesak napas. terkadang, seseorang bisa sesak napas karna olah raga berat atau mengalami stres berlebihan. tapi, penderita penyakit paru-paru bisa mengalami sesak napas atau merasakan susah mengambil napas ketika beraktifitas ringan.
  2. Batuk-batuk kronis, Batuk menjadi petunjuk saluran pernapasan sedang mengalami gangguan, anda wajib mewaspadai apabila batuk tak kunjung sembuh atau bersifat kronis.
  3. Batuk berdahak berlebihan, Dahak adalah cairan yang diproduksi tubuh untuk pertahanan terhadap infeksi atau iritasi. saat anda terkena jamur, virus, tubuh langsung memproduksi dahak. Anda perlu mewaspadai jika produksi dahak berlebihan lebih dari satu bulan. kondisi tersebut bisa terjadi gejela penyakit paru-paru.
  4. Nyeri dada, Sakit dada juga bisa jadi gejala sakit patu-paru. sakit dada bisa menjalar ke bahu, ketika sebagian organ paru-paru mengalami peradangan. waspadai bila nyeri dada berlangsung selama satu bulan.
  5. Mengi, Suara bising yang keluar saat tubuh kesulitan mengambil napas atau mengi bisa ciri-ciri penyakit paru-paru seperti asma. mengi terjadi saluran udara paru-paru mengalami penyempitan atau terhalang sesuatu.
  6. Lesu, lemas, susah tidur, mudah lelah, depresi, Tanda penyakit paru-paru yang tidak boleh disepelekan lainnya adalah kelelahan sepenjang waktu atau sering lelah. kelelahan ini umumnya tidak sembuh setelah tubuh digunakan untuk tidur cukup lama.

Sumber : kemenkes.go.id

Tinggalkan Balasan